-->

Sunday, December 1, 2013

Artikel Batu Jasper / Chalcedony

Artikel Batu Jasper / Chalcedony

 Artikel Batu Jasper / Chalcedony

Batu merah Jasper (Inggris) atau Jaspis (Indonesia), merupakan anggota mineral keluarga kuarsa (quartz family mineral), diduga merupakan hasil dari aktifitas gunung api bawah laut pada masa jutaan tahun yang lalu.
Sekitar 25 hingga 30 juta tahun yang lalu, di sekitar Tasikmalaya Selatan, mulai dari Karangnunggal, Cipatujah dan Pancatengah merupakan kompleks gunung api bawah laut yang aktif.

Aktifitas gunung api bawah laut tersebut memungkinkan terjadinya proses hidrotermal yang menghasilkan meineralisasi mangan di Karangnunggal dan zeolit di Cipatujah. Proses hidrotermal di laut kidul Tasikmalaya purba juga menghasilkan lapisan jasper yang kini tersingkap sebagian di Sungai Cimedang Pancatengah.

Bongkahan batu merah yang oleh penggemar batu mulia sering disebut biduri ati ayam (karena warnanya mirip hati ayam) ini banyak berserakan di Sungai Cimedang dan Kampung Pasirgintung Pancatengah dapat dikatakan merupakan satu-satunya di dunia. Berdasarkan identifikasi yang pernah dilakukan, setidaknya terdapat 120 bongkahan batu merah yang terletak di daratan sekitar Cimedang, belum lagi bongkahan batu yang terdapat di tengah sungai. Bongkahan batu tersebut ukurannya ada yang mencapai berat lebih dari 5 ton.

Keberadaan hamparan jasper di Pancatengah yang beragam warna, seperti coklat, kuning, hijau, hitam dan merah yang sangat dominan telah menarik perhatian seorang pengusaha Jepang yang telah berhasil mengevakuasi sekitar 3000 ton batu merah dari Pasirgintung dan Cimedang. Selain itu sekitar 1500 ton dikirim ke seorang pengusaha batu mulia di Purwakarta. Hal ini tentu saja cukup mengkhawatirkan, sehingga keberadaan jasper di Cimedang teancam punah.

Sebenarnya Jasper di sekitar Cimedang dan Pasirgintung dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata geopark, sekaligus untuk melindungi keberadaan Jasper Pasirgintung yang secara kuantitas dan kualitas langka sekali di dunia. Maka menjadi kewajiban Pemerintah Daerah serta masyarakat Kabupaten Tasikmalaya umumnya untuk mengelola potensi jasper Pasirgintung Pancatengah dengan bijaksana.

Batu Permata Asli

 

Website ini bukanlah website resmi kami, ini hanyalah situs rujukan yang menghubungkan Anda ke website resmi kami, website resmi kami hanyalah www.gemspermata.com dan www.kerajaanbatu.com, dan nomor hp kami hanyalah 085786492616 dan Pin Bbm kami hanya 25CCFE82, 

Java Gemstone Jewellery selalu menyajikan berbagai macam Batu Permata Asli / Batu Permata Natural dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Berbagai jenis batu permata / batu mulia yang kami sajikan seperti : sapphire/safir, diamond, yellow topaz, seraphinite, bulu macan, smoky quartz,  zamrud/jamrud/emerald colombia, ruby/mirah delima, agate, topaz, chrysoberyl, spinel, padparascha, giok, moonstone, peridot, citrine, kalimaya, sillimanite, pirus, citrine,  dan masih banyak yang lainnya. Seluruh batu permata yang dijual di Java Gemstone Jewellery adalah batu permata natural, dan kami garansi keasliannya dengan 100% uang kembali tanpa potongan apapun. Kami menjamin barang yang Anda terima adalah barang yang Anda pesan. Transaksi aman dan nyaman hanya di gemspermata.com

"JADILAH ORANG PERTAMA YANG MEMILIKI KOLEKSI TERBAIK KAMI"