-->

Monday, October 26, 2015

Gempa Asia Selatan Tewaskan 180 Jiwa

Gempa Asia Selatan Tewaskan 180 Jiwa
Gempa Asia Selatan Tewaskan 180 Jiwa

Gempa Asia Selatan Tewaskan 180 Jiwa

KABUL – Korban jiwa akibat gempa dahsyat yang melanda tiga negara di kawasan Asia Selatan, yakni India, Pakistan, dan Afghanistan bertambah menjadi 180 orang. Korban terbanyak adalah warga di Pakistan.

Laporan yang didapat dari pihak berwenang di Pakistan menyebutkan gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter (SR) yang terjadi kemarin, menewaskan 147 orang warganya dan melukai 600 lainnya. Sedangkan di Afghanistan, sebanyak 33 orang dilaporkan tewas dengan jumlah korban luka mencapai 200 orang. Belum ada laporan korban di India.

US Geological Survey (ASGS) meyakini pusat gempa tersebut terdapat di Provinsi Badakhshan di pegunungan Hindukush, Afghanistan. Wilayah ini terdiri dari daerah-daerah terpencil yang jarang penduduknya, sulit dijangkau sehingga jumlah korban dari wilayah ini diprediksi akan bertambah.

Menteri Informasi Pakistan Pervez Rashid mengatakan, negaranya tidak akan meminta bantuan dunia internasional karena merasa mempunyai sumber daya dan kemampuan yang cukup untuk melakukan aksi penyelamatan dan bantuan.

“Kami memiliki sumber daya yang cukup untuk mengatasi situasi. Prioritas utama kami adalah membantu mereka yang terpengaruh gempa,” kata Rashid sebagaimana dilansir Morning Star, Selasa (27/10/2015).

Rashid juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada negara tetangga sekaligus rival regionalnya, India yang telah menawarkan bantuan untuk para korban gempa. Dia menambahkan bahwa pihak berwenang di Pakistan melakukan usaha terbaik untuk menjangkau para korban.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/10/27/18/1238673/gempa-asia-selatan-tewaskan-180-jiwa